Kecamatan


TUPOKSI KECAMATAN / CAMAT


KECAMATAN KEDUNGKANDANG

Kecamatan merupakan perangkat daerah sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu.

Kecamatan dipimpin oleh Camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah.

Kecamatan melaksanakan tugas pokok penyelenggaraan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Kecamatan mempunyai fungsi :

  1. penyusunan dan pelaksanaan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja) Kecamatan;
  2. pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;
  3. pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum;
  4. pengkoordinasian penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;
  5. pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;
  6. pengkoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat kecamatan;
  7. pengkoordinasian kegiatan pembangunan;
  8. pengkoordinasian kegiatan peningkatan kesejahteraan masyarakat;
  9. pembinaan penyelenggaraan pemerintahan kelurahan;
  10. pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkuptugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan kelurahan;
  11. penyusunan Perjanjian Kinerja (PK) Kecamatan;
  12. penyusunan Laporan Kinerja berdasarkan Perjanjian Kinerja (PK);
  13. penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  14. pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern (SPI);
  15. pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  16. pengelolaan pengaduan masyarakat;
  17. pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, rumah tangga, perlengkapan, kehumasan, kepustakaan dan kearsipan;
  18. penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah;
  19. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  20. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsinya.

Selain tugas sebagaimana dimaksud, Camat melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Walikota untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah, yang meliputi aspek :

  1. perizinan;
  2. rekomendasi;
  3. koordinasi;
  4. pembinaan;
  5. pengawasan;
  6. fasilitasi;
  7. penetapan;
  8. penyelenggaraan;

Pelaksanaan kewenangan Camat, mencakup penyelenggaraan urusan pemerintahan pada lingkup kecamatan sesuai kententuan peraturan perundang-undangan. Pelimpahan sebagian wewenang Walikota kepada Camat, dilakukan berdasarkan kriteria eksternalitas dan efisiensi.

CAMAT

Camat mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana dimaksud, mengkoordinasikan dan melakukan pengawasan melekat terhadap unit kerja di bawahnya serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai tugas dan fungsinya. Kepala Satlinmas Kecamatan secara ex-officio dijabat oleh Camat.


Sumber :
Peraturan Walikota Malang Nomor 72 Tahun 2015 Tentang Uraian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan