Sekretariat


TUPOKSI SEKRETARIAT


SEKRETARIAT

Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat.

Sekretariat, terdiri dari :

  1. Subbagian Penyusunan Program;
  2. Subbagian Keuangan;
  3. Subbagian Umum;

Masing-masing Subbagian dipimpin oleh Kepala Subbagian yang dalam melaksanakan tugasnya berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sekretariat melaksanakan tugas pokok pengelolaan administrasi umum meliputi penyusunan program, ketatalaksanaan, ketatausahaan, keuangan, kepegawaian, urusan rumah tangga, perlengkapan, kehumasan dan kepustakaan serta kearsipan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja);
  2. pelaksanaan penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  3. penyusunan Perjanjian Kinerja (PK);
  4. pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  5. pengelolaan urusan kehumasan, keprotokolan dan kepustakaan;
  6. fasilitasi pengelolaan keuangan kelurahan dan pendayagunaan aset daerah yang dikelola oleh kelurahan;
  7. pelaksanaan inventarisasi aset/kekayaan daerah yang ada di Kecamatan;
  8. pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  9. pengelolaan anggaran dan retribusi;
  10. pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai;
  11. pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan;
  12. pengelolaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  13. penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP) dan Standar Operasional Prosedur (SOP);
  14. pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  15. penyusunan Laporan Kinerja Tahunan;
  16. pengelolaan pengaduan masyarakat;
  17. penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah;
  18. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  19. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.

SUBBAGIAN PENYUSUNAN PROGRAM

Subbagian Penyusunan Program melaksanakan tugas pokok penyusunan program, evaluasi dan pelaporan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Penyusunan Program mempunyai fungsi :

  1. penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja);
  2. penyusunan Rencana Kerja Anggaran (RKA) dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  3. penyusunan Perjanjian Kinerja (PK);
  4. penyusunan laporan dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan;
  5. penyusunan dan pelaksanaan Standar Pelayanan (SP);
  6. pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) dan/atau pelaksanaan pengumpulan pendapat pelanggan secara periodik yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas layanan;
  7. penyusunan Laporan Kinerja Tahunan;
  8. penyampaian data hasil pembangunan dan informasi lainnya terkait layanan publik secara berkala melalui web site Pemerintah Daerah;
  9. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  10. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

SUBBAGIAN KEUANGAN

Subbagian Keuangan melaksanakan tugas pokok pengelolaan anggaran dan administrasi keuangan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Keuangan mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA);
  2. pelaksanaan penatausahaan keuangan;
  3. pelaksanaan verifikasi Surat Pertanggungjawaban (SPJ) keuangan;
  4. penyusunan dan penyampaian laporan penggunaan anggaran;
  5. penyusunan dan penyampaian laporan keuangan semesteran dan akhir tahun;
  6. penyusunan administrasi dan pelaksanaan pembayaran gaji pegawai;
  7. penerimaan, pengadministrasian dan penyetoran retribusi dan/atau lain-lain pendapatan yang sah;
  8. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  9. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

SUBBAGIAN UMUM

Subbagian Umum melaksanakan tugas pokok pengelolaan administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, ketatausahaan, kepegawaian, urusan rumah tangga, perlengkapan, kehumasan dan kepustakaan serta kearsipan.

Untuk melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Subbagian Umum mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;
  2. pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;
  3. pelaksanan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  4. pelaksanaan kehumasan, keprotokolan dan kepustakaan;
  5. pelaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  6. pengelolaan pengaduan masyarakat;
  7. pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi;
  8. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai tugas dan fungsinya.

Sumber :
Peraturan Walikota Malang Nomor 72 Tahun 2015 Tentang Uraian Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan