Kampung Wisata Rolak Kelurahan Kedungkandang Tambah Daftar Kampung Tematik Kota Malang


Saat meninjau Sungai Amprong yang berada di wilayah Kelurahan Kedungkandang, Minggu (28/07/2019) yang akan dijadikan destinasi wisata baru berlabel Rolak Indah dan merupakan wahana wisata berbasis sungai, Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji memberikan apresiasi positif. Pasalnya, warga dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) secara swadaya menginisiasi wahana wisata di perkampungan ini.

Pada momen ini, berbagai elemen masyarakat seperti pegiat lingkungan, mahasiswa, TNI dan Polri bersatu membersihkan Sungai Rolak. Selain membersihkan sungai dan memperbaiki sarana penunjang, para kaum muda pun melakukan penanaman pohon di area pinggir Sungai Rolak ini.

Menurut Sutiaji, dengan dijadikannya sungai sebagai wisata naik perahu dan arung jeram, maka nantinya akan turut mengungkit ekonomi warga sekitar, yaitu dengan datangnya para wisatawan. “Dengan terawat dan terjaganya sungai ini, maka juga bisa menjadi sumber air baku bagi PDAM, guna memenuhi kebutuhan air warga,” imbuhnya.

Lebih jauh pria berkacamata itu mengatakan, jika selain kelompok sadar wisata, kalangan akademisi dan pihak PDAM pun diajak kerja bareng untuk memaksimalkan fungsi sungai ini bagi kemaslahatan umat. “Sungai yang memiliki potensi wisata dan sumber air baku akan ditata sebaik mungkin agar hasilnya juga maksimal,” sambungnya.

“Apa yang diminta Pokdarwis akan kita kaji dan desainnya biar nanti saya minta dari ITN untuk mendesain. Tentunya kalau nanti sifatnya futuristik, dan bukan melihat hari ini sampai mungkin tahun depan, tapi bagaimana instrumen-instrumen wisata kali (sungai) ini bisa menarik dilihat dari beberapa daerah atau kecenderungan orang yang cinta kepada kali itu maunya apa, sehingga orang yang datang ke sini itu nanti banyak macam dan ragamnya ketika dia melihat,” urai Sutiaji.

Sementara itu, Handono selaku Ketua Pokdarwis dari Kelurahan Kedungkandang mengaku jika lahirnya wisata Rolak Indah ini berawal dari komitmen bersama warga. “Kami optimis dari apa yang dicanangkan, dan apabila berbagai elemen masyarakat bisa memiliki komitmen dan visi yang sama untuk mewujudkan apa yang dicita-citakan bersama maka semua akan terealisasi dengan baik,” tegasnya, Sumber

 

( shies )

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *