KLA

BIMTEK FORUM ANAK KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

BIMTEK FORUM ANAK KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG

Kamis, 11 Mei 2023

Kecamatan Kedungkandang gelar Bimtek Forum Anak Guna Meningkatkan Peran Sebagai Pelopor dan Pelapor (2P)

Forum Anak Kecamatan Kedungkandang Kota Malang sebagai organisasi yang Anggotanya sendiri merupakan anak-anak (dibawah 18 tahun) yang terdiri perwkilan anak-anak di Kota Malang dengan latar belakang yang beragam. Perwakilan sekolah (OSIS) dari SMP dan SMA, Anak Jalanan, Anak yatim Piatu dan Anak Berkebutuhan Khusus. Forum Anak Kecamatan Kedungkandang Kota Malang bertujuan untuk mencetak generasi bangsa yang handal dengan skill building, brain storming dan pelatihan untuk menjadi peer educator. Mensoialisasikan hak-hak anak kepada masyarakat luas sebagai wujud bentuk penghargaan terhadap eksistensi anak-anak dan memaksimalkan hak partisipasi mereka untuk ikut bersuara,berpendapat dan menentukan kebijakan karena selama ini anak hanya dijadikan ‘obyek’ untuk kepentingan orang dewasa. Padahal dalam Konvensi Anak (KHA) PBB dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jelas menyebutkan bahwa : “Setiap anak berhak untuk berpartisipasi dan beraspirasi sesuai dengan kematangan usianya.”

Fasilitator Forum Anak Kota Malang Nafiatul Ummah S.Psi yang juga sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan Bimbingan Teknik untuk Forum anak Kecamatan Kedungkandang sebagai Pelopor dan Pelapor (P2) ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman Forum Anak, sehingga dapat menjadi orang yang bertahan dalam segala situasi dan kondisi serta mempunyai kemampuan yang dapat membantu dan mengajak orang di sekitarnya turut serta dalam proses perubahan.

Kak Fia (Sapaan Akrab) menekankan agar anak-anak melalui Forum Anak harus berani menjadi agen perubahan dan berani bicara menyampaikan aspirasinya, Bahkan anak juga harus berani melaporkan jika ada pelanggaran hak-hak anak di lingkungan sekitar mereka,”

“Melalui kegiatan ini harapannya Forum Anak dapat menjadi mitra pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak, memiliki semangat menjadi Pelopor dan Pelapor sebagai bentuk partisipasi suksesnya pembangunan di Kota Malang khusus di wilayah Kecamatan Kedungkandang”.

Penulis :
Achmad Lutfi, S.Pd.

About author

Articles

KECAMATAN KEDUNGKANDANG KOTA MALANG Jl. Mayjen Sungkono No. 59 Malang Telepon. 752273 email. kec-kedungkandang@malangkota.go.id / kecamatankedungkandang7@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *